]] Dynamic Blog: Martinez-AVB Bertemu Pemilik Liverpool

Sabtu, 26 Mei 2012

Martinez-AVB Bertemu Pemilik Liverpool

TRIBUNNEWS.COM - Pergerakan Liverpool mencari pelatih baru usai dipecatnya Kenny Dalglish mulai menemukan hasil. Pelatih Wigan Athletic, Roberto Martinez akhirnya bertemu dengan pimpinan Fenway Sports Group (FSG), John W Henry, di Miami, Jumat (25/5).
Uniknya, Martinez bukan menjadi sosok favorit Liverpudilan yang lebih mengharapkan nama besar semacam Pep Guardiola melatih klub kesayangan mereka.
Sentuhan Martinez di klub besar belum teruji. Sebelum di Wigan, Martinez melatih Swansea City selama dua tahun.
Statistik kepelatihannya pun tidak terlalu mengkilat. Pertama kali menjadi pelatih bersama
Swansea hingga sekarang di Wigan, total persentase kemenangannya hanya 38,34%. Dari 127 pertandingan bersama Wigan, Martinez hanya mencetak 34 kemenangan, 36 seri, serta 57 kekalahan.
Meskipun bukan favorit Liverpudilan, FSG tetap bersikukuh ingin meminang pelatih asal Spanyol itu ke Anfield musim depan.
Martinez gemar menerapkan permainan passing, sangat bercirikan gaya Spanyol. Di bawah polesannya, Wigan pun tampil cukup terorganisir meskipun status mereka di Premier League hanya medioker.
Seperti pucuk dicinta ulam pun tiba, Chairman Wigan, Dave Whelan, pun memberikan restu kepada Martinez untuk hijrah ke klub yang lebih besar. "Saya memberikan dia ijin untuk berbicara dengan Liverpool," ujar Whelan seperti dilansir oleh Express.
Mendapat restu dari big boss, Martinez pun akhirnya terbang ke Miami bertemu dengan John W Henry untuk membahas rencana Liverpool mendatang. The Sun bahkan mempublikasikan foto Martinez dengan Henry sedang menikmati kopi bersama di Miami.
Baru memulai pendekatan, baik FSG maupun Martinez sudah mendapat tekanan dari Whelan. Meskipun memberikan ijin kepada Liverpool untuk mendekati Martinez, Whelan memberi ultimatum kepada Liverpool untuk mengeluarkan uang minimum 3 juta poundsterling jika ingin memboyong Martinez ke Anfield.
Kocek dengan nilai minimum 3 juta poundsterling itu merupakan kompensasi setelah Martinez baru saja memperpanjang kontraknya di DW Stadium. Whelan pun optimistis Liverpool akan menghargai kontrak pelatih 38 tahun itu.
"Roberto telah menandatangani perpanjangan kontraknya, sehingga Liverpool harus menebus kontraknya," ujar Whelan seperti dilansir oleh Daily Mail.
Whelan pun akhirnya mencecar Martinez juga. Whelan meminta Martinez untuk segera mengambil keputusan, tetap di DW Stadium atau hijrah ke Anfield.
Maklum, Whelan juga diburu waktu untuk segera mencari suksesor Martinez jika pria kelahiran Balaguer itu jadi mengisi kursi kepelatihan The Kop.
"Roberto akan ada di Barbados hingga Selasa depan, dan saya akan mengatur tenggat tujuh hari untuk dia mengambil keputusan," tambah Whelan dikutip oleh Express.
Martinez tidak seorang diri menjadi calon terkuat untuk mengisi kursi kepelatihan Liverpool yang lowong. Eks Chelsea, Andre Villas-Boas, Louis van Gaal, serta Fabio Capello dikabarkan menjadi kandidat sebagai bahan perbandingan.
Ian Ayre, Tom Werner, dan John Henry pun kabarnya memanggil Villas-Boas ke Amerika Serikat untuk membahas tawaran untuk mengisi pos pelatih The Reds. Villas-Boas dijadwalkan bertemu dengan Fenway Sports Group (FSG) setelah Martinez.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar