]] Dynamic Blog: Arkeolog temukan 'model lukisan' Mona Lisa

Rabu, 25 Juli 2012

Arkeolog temukan 'model lukisan' Mona Lisa

Tim arkeolog menemukan kerangka manusia di Firenze, Italia, yang diperkirakan milik perempuan yang menjadi model lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci.
Kerangka tersebut ditemukan hari Selasa (24/07) oleh tim yang selama ini mencari jejak Lisa Gherardini, bangsawan Firenze, yang banyak dipercaya sebagai model lukisan da Vinci.
Silvano Vinceti, ketua tim arkeolog Italia, mengatakan temuan ini sangat menarik, meski masih diperlukan uji lanjutan untuk memastikan bahwa kerangka yang dimaksud memang benar-benar milik Gherardini.
"Temuan ini adalah puncak dari pencarian kami. Kerangka ini membuat kerja kami mencari Gherardini hampir selesai," kata Vinceti kepada kantor berita AFP.
Vinceti menjelaskan kerangka yang nyaris utuh ini ditemukan di
satu biara yang tidak lagi terpakai.

Senyum misterius

Upaya mencari jejak Gherardini dimulai tahun lalu setelah beberapa dokumen menyebutkan bahwa Gherardini, istri pedagang Firenze kenamaan, Francesco del Giocondo, tinggal di biara ini setelah sang suami meninggal dunia.
Di biara ini ia tinggal bersama dua anaknya yang dikenal sebagai biarawati. Ketika meninggal dunia ia dikubur di biara tersebut.
Del Giocondo diperkirakan meminta Da Vinci melukis istrinya.
Meski tidak ada bukti kuat bahwa Del Giocondo meminta istrinya menjadi model, sebagian besar ahli sejarah seni sepakat bahwa Gherardini adalah wanita yang menjadi subjek lukisan yang kemudian terkenal dengan sebutan Mona Lisa.
Lukisan yang dibuat antara 1503 dan 1506 tersebut sekarang disimpan di Museum Louvre di Paris.
Mona Lisa terkenal di seluruh dunia antara lain karena senyumnya yang dianggap sangat misterius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar