]] Dynamic Blog: Baru 15 % Umat Islam Indonesia Miliki Alquran

Sabtu, 14 Juli 2012

Baru 15 % Umat Islam Indonesia Miliki Alquran

TRIBUNNEWS.COM  JAKARTA- Dari hasil penelitian dan riset  yang dilakukan sejak  tahun 2006 ,  pada  tahun 2011 baru sekitar  12 %  umat Islam memiliki Alquran di rumahnya  , tahun ini  jumlah  umat Islam yang  memiliki Alquran mencapai  15 %.
Hal ini dikemukakan Pimpinan  Ar-Rahman Qur’ anic Learning  (AQL) Bachtiar Nasir  yang juga menjabat sebagai Sekjen  Majelis Intelektual dan Ulama Muda  Indonesia (MIUMI) disela-sela peresmian AQL, Sabtu (14/7/2012).
Diutarakan  Bachtiar  dari 15 % umat Islam yang mimiliki Alquran baru sekitar  2 %  yang  mampu membaca dan mengerti tafsir dari Alquran.
Keprihatinan masih sedikitnya umat Islam  yang memiliki serta  mampu membaca Alquran mendorong   Ustadz  Bachtiar  meluncurkan  Gerakan Indonesia Menulis Al-Qur’an (ImanQu)”.
Dengan  gerakan ini  Bachtiar  berharap umat Islam  mencintai Alquran, mengerti  dan menjalankan apa yang telah diperintah Allah . Selain itu,
umat agar tidak buta akan makna dari Alquran, dan tidak hanya  sekedar  ritual saja.
Terkait dengan adanya kasus korupsi dengan pengadaan  Alquran, Bachtiar mengatakan orang yang melakukan korupsi itu jauh lebih rendah dari keledai.”Contohnya  keledai  membawa kitab-kitab yang tebal-tebal, namun dia tidak akan memakan kitab yang dibawanya. Sementara  manusia  membawa  kitab yang tebal-tebal  tapi justru kitab  yang berat itu juga dimakannya. Ini kan  jauh lebih rendah dari keledai” Ujar Bachtiar.
Sewaktu ditanyakan siapa yang salah?, Bachtiar mengaku  semua ini  merupakan taggung jawab  ulama.
Ar-Rahman Qur’anic Learning  (AQL) merupakan  wadah yang memfasilitasi umat  untuk mentadabburi Al Quran. Dengan  tadabbur , diharapkan  umat dapat  berqur’an secara  fungsional sehingga terbentuklah  pribadi-pribadi   berkarekter Alquran yang siap membangun  peradaban Islam  berdasarkan  sistim Alquran. Dalam mewujudkn  visi dan misinya. AQL bergerak  dengan mengembangkan  5 pilar  peradaban yaitu : ibadah ,iptek ,sosbud,kesehatan, kemanusian, ekonomi dan kewirasusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar