]] Dynamic Blog: Di Polandia Para Anggota Mafia "Diangkat" Jadi Satpam

Jumat, 29 Juni 2012

Di Polandia Para Anggota Mafia "Diangkat" Jadi Satpam

TRIBUNNEWS.COM - Menyelami Polandia kurang lengkap rasanya jika tidak mendalami dunia mafia di negara bagian Eropa Tengah tersebut. Di negara manapun, seaman dan seketat apapun peraturan negara tersebut tetap saja ditemukan mafia.
Satu bulan lebih berada di Polandia, Tribun memang merasakan aman-aman saja, kehangatan warga Polandia menyambut para tamu yang datang untuk menyaksikan Euro 2012 membuat suasana di Polandia enak dinikmati.
Tapi bukan berarti tidak waspada. Sikap was-was terhadap berbagai tindakan kriminal tetap saja diperhatikan, namanya juga di negara orang.
Sama halnya seperti di Indonesia, Polandia juga memiliki aparat keamanan yang terdiri dari polisi dan tentara. Ada juga aparat keamanan mereka menyebutnya dengan istilah "Ochrona". Gampangnya jika di Indonesia mereka ini disebut satpam atau security.
Lazimnya security-security di Indonesia,
Ochrona ini bertugas menjaga berbagai tempat seperti mall, hotel, pasar tradisional, hotel, apartemen dan beberapa perkantoran. Hampir semua tempat-tempat itu menyewa para Ochrona untuk menjamin keamanan.
Setelah ditelusuri, Ochrona ini ternyata sengaja direkrut oleh pemerintahan Polandia dari para mafia. Sumber Tribun yang tidak mau disebutkan namanya menjelaskan bahwa pemerintah Polandia sengaja memberdayakan mereka sebagai Ochrona agar tidak lagi menjadi mafia.
Jumlah para Ochrona ini ada banyak, mereka membentuk kelompok-kelompok dengan nama berbeda. Ada yang menjuluki grupnya dengan nama Ochrona Juwentus, Konsalnet dan puluhan nama lainnya. Biasanya nama Ochrona ini dipajang di beberapa tempat strategis seperti di halte busway atau tram.
Untuk menghindari pesinggungan antar-satu kelompok Ochrona dengan yang lain, mereka membikin kesepakatan teritorial wilayah kekuasaan. Misalnya satu komplek perkantoran khusus khusus menjadi ladang satu kelompok Ochrona. Yang lain tak boleh masuk.
Jangan coba-coba membuat masalah dengan para Ochrona tersebut. Sebab satu saja ada keributan dengan seorang Ochrona maka puluhan Ochrona lain yang mayoritas bertampang preman atau mafia akan langsung datang membantu rekannya.
Kebijakan pemerintah Polandia memberdayakan para mafia jadi Ochrona ternyata cukup efektif untuk menekan angka kriminal terutama perkelahian antar mafia.
Bahkan kabarnya jaringan mafia Polandia yang pernah sampai hingga ke Belanda kini sudah mulai berkurang sejak adanya kebijakan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar