]] Dynamic Blog: SBY Cemas Suriah dan Turki Perang

Kamis, 28 Juni 2012

SBY Cemas Suriah dan Turki Perang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konstelasi politik dan keamanan dua negara bertetangga Suriah dan Turki kian memanas. Dalam beberapa hari Suriah menembak pesawat tempur Turki. Keadaan di kawasan itu membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ikut cemas.
Presiden SBY mengutip ucapan Presiden Suriah Bashar al Assad yang mengatakan negara itu dalam keadaan perang dan harus menggunakan segala cara untuk menangkan perang itu.
"Itu cukup bagi saya dan semuanya yang mendengarkan mencemaskan, kalau terjadi betul (perang), eskalasi, kekarasan yang makin tinggi," kata Presiden SBY di kantor Presiden Jakarta, Kamis (28/6/2012).
SBY mengutip dari sebuah sumber mengatakan bisa jadi akan terjadi perang antara Suriah dan Turki.
"Bayangkan dalam Suriah ada semacam perang saudara. Sekarang karena berhadapan dengan pemerintah dan presiden Asaad itu juga bersenjata, jadi bukan peaceful demonstration," ujar SBY.
Menurut SBY dirinya memikirkan nasib rakyat Suriah ketika perang terjadi yang terjepit baik secara internal maupun secara eksternal.
"D idalam kaitan itulah saya ingin menelepon Sekjen PBB, saaatnya telah tiba kali ini, PBB melakukan langkah yang nyata. Dewan Keamanan harus bersatu," kata SBY.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar